Rasa Tempo Dulu di Sidosemi

Posted By:
Published: 10:05 AM

Saya tinggal di Yogya tepatnya Yogya selatan yang berbatasan dengan Bantul. Sebuah daerah yang cukup ramai meski masih kalah ramai dibanding Yogya utara. Nah salah satu minusnya tinggal di daerah selatan adalah sangat susah di sini untuk mencari tempat nongkrong yang asyik yang bikin kita betah berlama-lama di sana.
Untunglah di daerah Kotagede ada Sidosemi...

Sidosemi adalah sebuah warung bakso dan es yang terletak tak jauh dari komplek makam dan masjid Kotagede. Sebuah warung sederhana bercita rasa jadul yang ngangeni. Bangku-bangku kayu panjang dan hiasan-hiasan dinding yang mungkin usianya sudah tak muda lagi membuat tempat ini cocok bagi yang ingin kangen-kangenan dengan Kotagede.

Menu andalan di sini adalah es kacang ijo dan bakso. Baksonya diberi irisan tomat dan mi nya lembut. Konon, mi nya itu asli made in Sidosemi! Rasa baksonya? Seperti bakso-bakso dorong masa silam. Selain itu kalau sudah mampir di sini, cobalah untuk mencoba es limun saparilla. Minuman jadulnya jogja yang bikin ketagihan! Rasanya...??? Mirip produk rootbeer sih!! Selain bakso, ada juga aneka gorengan seperti tahu, tempe, dan teman-temannya.

Kalau makan di sini harus siap-siap kemringet karena ga ada fasilitas AC di sini. Tapi jangan khawatir. Ada kipas dari anyaman bambu yang disediakan dan bisa dipakai untuk kipas-kipas kalau kegerahan.
Berada di Sidosemi seakan membuat saya terlempar ke dalam mesin waktu. Mengantarkan saya ke beberapa puluh tahun yang silam.

Dan itu yang bikin ngangeni....


Sidosemi yang jadul
es campur sidosemi


limun sarsaparilla




Bakso tomat


0 komentar:

Post a Comment





Copyright © 2015 Indonesiaku Explore All Right Reserved
Templates Created By BTResponsive| Boost Your Skills